Wisata ke Karimun Jawa

Jika Anda tengah mencari suatu tempat yang tawarkan “paket komplit” untuk diving, snorkeling, berjemur, atau trekking di Pulau Jawa,kami mereferensikan Karimunjawa, suatu kepulauan di lokasi Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Untuk yang telah pernah, pasti sepakat bila tempat ini indah !

1. Kesibukan Camping serta Trekking

Untuk Anda penyuka aktivitas trekking serta camping, Anda dapat beraktivitas ini di sebagian pulau yang ada di kepulauan Karimunjawa, camping ground di Legon Lele, hiking di jalur trail Bukit Bendera, Bukit Tengkorak serta Jalur Darat Mangrove di Terusan. Anda sukai mencermati burung? Anda dapat beraktivitas ini di zona perlindungan lokasi daratan. Berdasar pada hasil identifikasi, diketemukan 52 spesies burung darat serta beragam jenis spesies burung bisa diketemukan di daerah Legon Lele. Di kepulauan Karimunjawa ada spesies elang dada putih yang cuma dapat diketemukan di kepulauan ini.

2. Kesibukan Diving serta Snorkeling

Nyaris semua gugusan pulau di Karimunjawa dikelilingi terumbu karang sampai kedalaman 20 m. Untuk yang sukai diving, Anda dapat mengerjakannya di perairan samping utara Pulau Karimun, Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, daerah seputar Pulau Kemujan, seputar Pulau Parang serta Pulau Kembar serta Pulau Kembang. Untuk diving dengan durasi 1 – 1, 5 jam, Anda mesti merogoh kocek minimum Rp500. 000, 00.

Sedang untuk snorkeling, Anda dapat mengerjakannya di sebagian tempat diantaranya di Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, samping barat Pulau Kembar serta samping utara serta timur Pulau Krakal Kecil. Perlengkapan snorkeling umum disewakan dengan cost Rp50. 000, 00 /hari serta untuk sewa kapal bakal dikenakan cost Rp500. 000, 00 (kemampuan 10 orang).

3. Menegur Sunrise serta Menguber Sunset

Anda sukai mengawali hari dengan lihat matahari terbit? Pergilah ke Nyamplung Ragas. Sesaat untuk hunting sunset, Anda dapat mengerjakannya selepas diving/snorkeling di pulau seputar atau di dermaga kapal kayu yang terdapat tak jauh dari alun-alun. Bila mau suatu hal yang lain, Anda dapat juga hunting sunset di Mangrove Education Forest selepas Anda trekking atau bird watching.

4. Makan serta Berbelanja di Karimunjawa

Di Karimunjawa banyak warung yang sediakan masakan khas Indonesia seperti nasi goreng, pecel ayam atau lele, mie instant dan sebagainya. Juga sebagai sisi dari Kabupaten Jepara, di Karimunjawa juga ada penjual makanan khas Jepara seperti “Adon-adon Coro”, “Es Gempol atau Pleret” serta “Pindang Srani”. Bila Anda suka pada makanan laut, Anda dapat menemukannya di seputar alun-alun saat malam hari. Di Karimunjawa juga ada banyak sekali warung kelontong yang jual makanan serta minuman enteng.

Di Kepulauan Karimunjawa ada deratan toko souvenir. Ditempat ini ada banyak souvenir khas Karimunjawa, dari mulai t-shirt, kain pantai, pernak-pernik, gantungan kunci, gelang kayu stigi serta kalimasada, sampai ikan asin serta rumput laut kering. Souvenir yang paling banyak di cari yaitu yang terbuat dari kayu Dewadaru, lantaran bahan bakunya (Pohon Dewadaru) cuma bisa diketemukan di Karimunjawa.

5. Akomodasi Homestay serta Hotel

Di Karimunjawa ada banyak pilihan tempat bermalam, dari mulai jenis homestay sampai resort elegan. Untuk homestay fasilitasnya tak jauh lain, ketidaksamaan umumnya cuma pada ketersediaan kamar mandi (pribadi atau berbarengan). Untuk homestay harga sewa rata-rata yaitu Rp100. 000, 00 (low season) atau Rp150. 000, 00 (high season serta long weekend). Sebagian homestay dapat juga sediakan makan sepanjang Anda di sana dengan cost Rp15. 000, 00 – Rp20. 000, 00 untuk sekali makan. Sebagian homestay yang direferensikan penulis :

Homestay Dafista
Homestay Hamfah
Homestay Karimun Indah
Homestay Mulyo Indah
Homestay Abdul Bazir

Sesaat untuk hotel serta resort harga nya dari mulai Rp300. 000, 00 sampai jutaan rupiah per malam. sebagian hotel yang ada di Karimunjawa diantaranya : Hotel Laguna Inn, Hotel Dewadaru Resort, Hotel Nirwana, Hotel Escape, Hotel Ari Duta, Hotel Wisma Wisata, Hotel Wisma Apung serta Hotel Karimun Inn.

6. Pilihan Transportasi Menuju Karimunjawa

Karimunjawa paling gampang dibuka dari Jepara serta bandara paling dekat yaitu Bandara Internasional Ahmad Yani (SRG) yang terdapat di Semarang. Dari bandara, Anda mesti meneruskan perjalanan ke Pelabuhan Kartini, Jepara. Terdapat banyak alternatif transportasi untuk menuju pelabuhan itu :

Naik taksi dari bandara segera ke pelabuhan dengan tarif (argo) seputar Rp300. 000, 00
Sewa mobil dari bandara segera ke pelabuhan dengan tarif dari mulai Rp350. 000, 00
Naik travel/shuttle ke Terminal Jepara (tarif Rp40. 000, 00) lantas dilanjutkan dengan naik becak atau ojek ke pelabuhan (tarif Rp15. 000, 00)
Dari bandara ke Terminal Terboyo (Semarang) dengan taksi lantas dilanjutkan dengan minibus ke Jepara (tarif Rp20. 000, 00) serta becak atau ojeg ke pelabuhan
Dari Pelabuhan Kartini, Jepara, Anda tinggal meneruskan perjalanan dengan kapal feri atau speed boat. Tersebut disini jadwal serta tarifnya :

KMP (Feri) Siginjai : Saat tempuh : ± 5 jam. Tarif : Kelas Ekonomi Rp42. 000, 00 serta Kelas Usaha Rp96. 000, 00. Dari Jepara : Senin, Rabu serta Sabtu. Pergi jam 09. 00 WIB. Dari Karimunjawa : Selasa, Kamis serta Minggu. Pergi jam 08. 00 WIB. Ticket dapat dibeli segera di pelabuhan.
KMC (speed boat) Express Bahari : Saat tempuh : ± 2 jam. Tarif : Kelas Executive Rp110. 000, 00 serta Kelas VIP Rp150. 000, 00. Dari Jepara : Senin, Selasa serta Sabtu (11. 00 WIB) serta Jumat (14. 00 WIB). Dari Karimunjawa : Senin (14. 00 WIB), Rabu (11. 00 WIB), Sabtu (08. 00 WIB) serta Minggu (14. 00 WIB). Ticket dapat dibeli di PT SIM Cabang Jepara (0291-592999).
Butuh di perhatikan bahwa di Karimunjawa tak ada transportasi umum, hingga bila mau berkeliling Anda mesti menyewa motor. Anda dapat menyewa motor ditempat Anda bermalam dengan cost Rp50. 000, 00 (12 jam) atau Rp70. 000, 00 (24 jam).

7. Penerbangan Alternatif ke Karimunjawa

Terkecuali lewat Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Anda dapat juga meraih Karimunjawa lewat Bandara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta (JOG) serta Bandara Internasional Adi Sumarmo Solo (SOC). Dari Yogyakarta serta Solo, Anda dapat naik travel/shuttle ke Semarang dengan biaya Rp40. 000, 00 serta dilanjutkan dengan minibus seperti langkah diatas. Tidak mau ribet? Anda dapat menyewa mobil segera dari bandara ke Pelabuhan Kartini, Jepara dengan tarif dari mulai Rp500. 000, 00.

Leave Yours +

No Comments

Leave a Reply

* Required Fields.
Your email will not be published.