Wisata Pulau Payung Kepulauan Seribu Jakarta

Wisata Pulau Payung Kepulauan Seribu Jakarta

Pulau Payung merupakan pulau yang masih sepi, belum banyak pengunjung, belum terkontaminasi sampah plastik yang dibawa pengunjungnya, tapi menyediakan penginapan, pasirnya masih putih, airnya masih bersih, karangnya masih terjaga, dan juga menyediakan makanan yang kualitasnya hampir sama dengan pulau-pulau seperti Pulau Bidadari, Pulau Tidung, dan Pulau Pramuka yang sudah begitu populer.

Kawasan Wisata Pulau Payung juga merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Letaknya yang masih di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta sayangnya tidak terlalu dikenal oleh orang orang. Pulau ini belum benar benar dikembangkan oleh Pemerintah Jakarta, kabupaten Kepulauan Seribu khususnya. Padahal jika dibandingkan dengan pulau pulau sekitar, pulau ini bisa dijadikan alternatif liburan.

Objek Wisata Pulau Payung ini tidak memiliki banyak fasilitas seperti yang disediakan Pulau Tidung atau Pulau Pramuka. Homestay yang ada belum banyak dan bahkan dapat disebut penginapan saja karena memang rumah penduduk yang disewakan untuk dijadikan tempat menginap wisatawan. Di pulau ini juga belum ada fasilitas water sport untuk pengunjung. Pulau ini benar benar sepeti hanya diperuntukkan bagi orang orang yang benar benar ingin merasakan wisata pulau yang tenang dan masih belum terjamah tanpa harus memikirkan bagaimana makan, bagaimana tidur, bagaimana mandi, dan lain lain sendiri.

Selain keindahan spot terumbu karang, di sekitaran perairan Objek Wisata Pulau Payung Kepulauan Seribu dihiasi banyak batu besar, terumbu karang, segala jenis ikan dan binatang laut lainnya. Selain itu, Pulau Payung memiliki satu tempat tujuan yang perlu dipertimbangkan oleh pengunjung yang ingin sekedar berlibur. Pulau Payung memiliki sejenis menara mercusuar yang berdiri sejak lama. Dikatakan sejenis menara mercusuar karena secara fungsional, menara itu persis sama dengan menara mercusuar. Yang membedakan menara itu dengan menara mercusuar lainnya adalah komponen bangunannya. Menara mercusuar milik Pulau Payung dibangun dari beberapa rangkaian besi, bukan tembok batu dengan tangga putar. Hingga saat ini, menara itu masih berdiri dan masih difungsikan sebagai mercusuar.

Jika ingin melihat keadaan disekitar pulau Payung, menara ini boleh digunakan wisatawan namun jangan lupa untuk meminta izin terlebih dahulu ke pihak penjaga menara tersebut. Pulau Payung bisa dijadikan alternatif liburan wisata pulau di Kepulauan Seribu dengan segala anugrah keindahan yang disediakan untuk setiap wisatawan yang mengunjunginya.

Saat ini belum banyak wisatawan yang menjadikan Pulau Payung tujuan liburan. Namun suatu saat, jika pulau itu menjadi satu bagian rencana Anda berlibur atau hanya sekedar berwisata pulau, ingatlah selalu untuk menjaga kelestarian alamnya. Itulah sedikit informasi Panduan Wisata tentang objek wisata Alam Indonesia seputar keindahan dan kelestarian alam  Wisata Pulau Payung Kepulauan Seribu Jakarta.

Leave Yours +

No Comments

Leave a Reply

* Required Fields.
Your email will not be published.