Wisata Bandung Tempo Doeloe di Jalan Braga

Wisata Bandung Tempo Doeloe di Jalan Braga

Merupakan sebuah nama jalan di Kota Bandung, Jawa Barat, Pulau Jawa,Indonesia. Jalan ini sudah dikenal dari semenjak masa pemerintahan Hindia-Belanda dulu. Sampai sekarang nama dari jalan tersebut masih tetap dipertahankan sebagai salah satu dari maskot dan obyek wisata kota Bandung yang dahulunya dikenal sebagai Paris van Java. Pada sisi kanan dan kiri dari Jalan Braga ada kompleks pertokoan yang mempunyai arsitektur beserta tata kota yang masih tetap mempertahankan ciri khas arsitektur lama pada masa pemerintahan Hindia Belanda.

Pada mulanya Jalan Braga hanyalah sebuah jalan kecil yang berada di depan pemukiman yang cukup sepi sehingga disebut Jalan Culik karena cukup rawan, dan juga dikenal sebagai Jalan Pedati (Pedatiweg) pada tahun 1900-an. Kemudian Jalan Braga menjadi ramai karena banyak usahawan-usahawan terutama pengusaha berkebangsaan Belanda yang mendirikan toko-toko, bar serta tempat hiburan di kawasan itu.

Kemudian pada tahun sekitar 1920-1930-an bermunculan toko-toko dan butik pakaian yang menggunakan model di kota Paris, Perancis yang waktu itu merupakan pusat model pakaian dunia. Dibangunnya gedung Societeit Concordia yang digunakan sebagai tempat pertemuan dari para warga Bandung khususnya untuk kalangan tuan-tuan hartawan, Hotel Savoy Homann, gedung perkantoran dan lain-lain di beberapa blok di sekitar jalan ini juga meningkatkan kemasyhuran serta keramaian jalan ini. Panduan Wisata.

Leave Yours +

No Comments

Leave a Reply

* Required Fields.
Your email will not be published.