Wisata Taman Laut Riung 17 Pulau

Wisata Taman Laut Riung 17 Pulau

Kabupaten Ngada memiliki sejumlah pesona wisata, baik wisata alam maupun budaya. Untuk wisata alam, Anda bisa menikmati panorama alam dan Wisata Taman Laut Riung 17 Pulau, pulau kelelawar, dan Varanus Riung (Mbou) atau Komodo. Ketiga objek terdapat dalam satu kawasan wisata di kecamatan riung.

Objek Wisata Taman Laut Riung 17 Pulau memiliki daya tarik tersendiri bagi para pelancong yang berkunjung kesana. Tempat ini juga mendapat julukan “Surga bawah laut di Timur Indonesia”. Wisata Taman Laut Riung 17 Pulau merupakan kelompok pulau yang terdiri dari pulau-pulau kecil dan pulau karang yang terbentang di depan Teluk Riung. Alam bawah laut dari pulau-pulau ini kaya dengan keanekaragaman hayati. Selain itu, daerah perbukitan sekitar Riung (Pulau Flores) dihuni oleh biawak raksasa spesifik Riung. Dalam bahasa ilmiah, biawak Riung disebut Varanus Riungensis.

Objek Wisata Taman Laut Riung 17 Pulau ini dapat ditempuh dengan 2 pilihan rute perjalanan.

  1. Dari Denpasar-Bima-Labuan-Bajo-Ruteng-Bajawa. Anda dapat menumpang pesawat Merpati Twin Otter atau Cassa sekitar 1 jam dan 40 menit, setiap hari Minggu hingga Jumat, dan dilanjutkan ke Objek Wisata Taman Laut Riung 17 Pulau dengan kendaraan sewaan.
  2. Kupang-Bajawa menumpang pesawat Merpati Twin Otter atau Cassa sekitar 1,5 jam setiap hari dan dilanjutkan ke Objek Wisata Taman Laut Riung 17 Pulau dengan kendaraan sewaan.

Kawasan Wisata Taman Laut Riung 17 Pulau terhampar memanjang dari Toro Padang di sebelah barat hingga Pulau Pangsar di sisi timur. Selain teluk yang berwarna biru, RIung juga di anugerahi perbukitan hijau. Penjelajahan kawasan dengan berkuda merupakan pengalaman tak terlupakan. Apalagi, di dataran di bawah perbukitan terdapat habitat komodo dan tak jauh dari sana terdapat sejumlah kampung kuno yang dibangun dari jaman megalitikum. Dikawasan ini juga terdapat dua gua alam yang di huni oleh ribuan burung layang-layang dan burung gereja. Satu gua lainnya (Gua Nua Kiar), diyakini penduduk setempat sebagai rumah peristirahatan biawak raksasa.

Dari pulau-pulau cantik di sepanjang Wisata Taman Laut Riung 17 Pulau, terdapat pulau yang nilai wisatanya teramat tinggi. Diantaranya pulau Batang Kolong dan pulau Meja. Di pulau Batang Kolong terdapat bunga-bunga nan memerah yang terhampar di kedalaman laut 10 meter. Setelah melewati kedalaman tersebut, Anda dapat menyaksikan pesona bunga laut yang menempel pada bongkahan karang masif. Bentuk, warna, dan keindahannya meyerupai mawar merah.

Tak heran jika banyak orang menyebutnya sebagai Mawar Laut. Setelah puas menikmati mawar, Anda bisa beralih menikmati kebun koraldan penyu sisik. Hewan khas ini hanya bisa disaksikan di bawah laut serta kawasan di sekitar Pulau Batang Kolong.

Jangan tinggalkan Objek Wisata Taman Laut Riung 17 Pulau sebelum Anda meneruskan petualangan ke Pulau Meja dan Pulau Tembaga. Hamparan karang Acrapora serta selingan karang lunak dan kipas laut memancarkan warna-warna indah.

Demikianlah Panduan Wisata, informasi tentang Wisata Alam Indonesia tentang Wisata Taman Laut Riung 17 Pulau Flores pada kesempatan kali ini. Semoga bisa menjadi inspirasi kunjungan wisata Anda!

Leave Yours +

No Comments

Leave a Reply

* Required Fields.
Your email will not be published.