Wisata Gunung Rinjani Lombok Nusa Tenggara Barat

Wisata Gunung Rinjani Lombok Nusa Tenggara Barat

Nama Gunung Rinjani berasal dari bahasa Jawa Kuno yang berarti “Yang Agung”. Menurut dongen suku Sasak, gunung ini merupakan kediaman Putri Anjani, putri dari dewa tertinggi di Lombok. Sejak tahun 1990, kawasan gunung seluas 41.330 ha ini dinyatakan sebagai taman nasional. Gunung Rinjani (3.726 mdpl) merupakan gunung tertinggi ke-3 di Indonesia.

Jalan yang cukup terjal dan curam serta jalur yang berkelok-kelok menjadikan kawasan Wisata Gunung Rinjani ini cukup menantang adrenaline para penggemar trekking dan pecinta alam. Suhu yang tidak stabil semakin menambah nilai tantangan yang dimiliki gunung yang masih aktif ini.

Wisata Gunung Rinjani memiliki Danau Segara Anak di puncaknya yang dikunjungi oleh masyarakat sekitarnya setiap tahun secara massal untuk melaksanakan upacara adat. Danau Segara Anak seluas 156 ha Dikelilingi oleh tebing-tebing yang merupakan dinding kaldera berwarna-warni seperti juga airnya.

Dari puncak Gunung Rinjani, Anda dapat menikmati pemandangan menakjubkan ke arah danau dan keseluruhan kawasan pegunungan. Bila cuaca dalam keadaan cerah, Anda dapat melihat keseluruhan Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Gunung Rinjani juga memiliki air terjun di Otak Kokok Gading dan Sendang Gile yang banyak dikunjungi terutama pada hari-hari libur.

Wisata Gunung Rinjani Lombok ini berada di 3 wilayah Kabupaten, yaitu Lombok Tengah, Lombok Barat, Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Ada 3 jalur yang dapat ditempuh untuk menuju Gunung Rinjani. Pertama dengan melalui jalur Sembalun, Kabupaten Lombok Timur dengan waktu tempuh 4-5 jam dengan kendaraan umum. Dari Sembalun ke puncak Rinjani dengan waktu tempuh selama 7 jam.

Melalui jalur Senaru, dari Mataram menuju Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Barat dengan waktu tempuh 4 jam dengan kendaraan umum. Senaru ke puncak Gunung Rinjani dengan waktu tempuh 10 jam berjalan kaki.

Melalui jalur Torean, dari Mataram menuju Desa Torean, Kecamatan Bayan, Lombok Barat dengan waktu tempuh 5 jam dengan kendaraan umum. Dari Torean ke puncak Gunung Rinjani dengan waktu tempuh 9 jam berjalan kaki. Banyak fasilitas pemandu yang disediakan masyarakat lokal jika Anda ingin melakukan pendakian. Soal harga, tergantung dari keahlian Anda menawar.

Demikianlah artikel Panduan Wisata tentang keindahan panorama alam Wisata Gunung Rinjani Lombok Nusa Tenggara Barat pada kesempatan kali ini.

Leave Yours +

No Comments

Leave a Reply

* Required Fields.
Your email will not be published.