Wisata Air Terjun Parangtritis

Wisata Air Terjun Parangtritis

Air Terjun Parangtritis berada di ujung sebelah timur dari Pantai Parangtritis. Air terjun ini mengalir dari atas bukit karang di pinggir pantai sehingga menjadikan air terjun ini sangat unik dan cukup istimewa. Hal ini dikarenakan air yang mengalir dari atas bukit langsung mengalir ke batu-batuan karang dan pasir di bibir pantai.

Kawasan Wisata Air Terjun Parangtritis ini sering terlewatkan oleh para wisatawan karena letaknya berada di ujung timur pantai Parangtritis. Secara administratif terletak di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dan berjarak kurang lebih 25 km sebelah selatan kota Yogyakarta. Untuk mencapai Air Terjun Parangtritis ini sama halnya ketika Anda ingin mengunjungi Pantai Parangtritis.

Wisata Air Terjun Parangtritis memiliki pemandangan yang luar biasa. Perpaduan tebing yang tinggi dengan aliran air terjunnya serta keindahan pantai itu sendiri, merupakan dua pemandangan yang menakjubkan yang sayang untuk dilewatkan. Namun perlu diingat bahwa keberadaan Air Terjun Parangtritis ini pada musim kemarau hanya akan terlihat bebatuan putih bekas gerusan air saja tanpa air yang mengalir dikarenakan sumber airnya padaa musim kemarau biasanya sudah kering.

Wisata Air Terjun Parangtritis Bantul ini mempunyai ketinggian kurang lebih 15 meter, sehingga jika ada aliran airnya sudah cukup deras untuk menghanam bebatuan dibawahnya serta beberapa tumbuhan hijau yang hidup disekitarnya. Pesona Air Terjun Parangtritis ini akan sangat terasa menyejukan dan akan menyegarkan kembali pikiran anda. Dengan ketinggian seperti itu suara air terjun itupun berirama serasi dengan deburan ombak yang menghantam pantai. Bentuk air terjun di Pantai Parangtritis ini merupakan bentuk undakan yang jika anda mempunyai keberanian dapat dicapai satu persatu untuk menikmati pantai dari ketinggian.

Air Terjun Parangtritis ini juga dipercaya oleh penduduk local bahwa barangsiapa membasuh muka dengan air yang mengalir dari air terjun ini maka akan membuat awet muda. Diluar kepercayaan tersebut yang jelas jika anda membasuh muka dengan air yang mengalir tersebut jelas akan sangat menyegarkan karena air yang mengalir terasa dingin dan menyegarkan, apalagi setelah berkeliling pantai yang cukup panas. Namun jika anda tidak ingin capek jalan kaki ada banyak kereta kuda yang siap mengantar anda dengan biaya kurang lebih Rp 50.000,- atau tergantung nego Anda.

Demikianlah artikel Panduan Wisata tentang keindahan Wisata Air Terjun Parangtritis Bantul Yogyakarta pada kesempatan kali ini.

Leave Yours +

No Comments

Leave a Reply

* Required Fields.
Your email will not be published.