Objek Wisata Gunung Tajam Tanjung Pandan Belitung

Objek Wisata Gunung Tajam Tanjung Pandan Belitung

Gunung Tajam merupakan salah satu gunung tertinggi di Belitung. Ketinggian Gunung Tajam mencapai sekitar 510 meter dari permukaan air laut. Gunung ini terletak sejauh kira-kira 30 km dari bandara H.A.S Hanandjoeddin yang ada di kota Tanjung Pandan, Belitung. Tepatnya Gunung Tajam berada di kampung Air Pegantungan.

Hutan Wisata Gunung Tajam merupakan bagian dari salah satu lahan konservasi alam di pulau Belitung yang dilindungi oleh pemerintah kabupaten Belitung. Gunung Tajam dan lokasi hutan yang mengelilinginya yang diubah sebagai lahan konservasi alam adalah salah satu upaya pemerintah kabupaten Belitung untuk mempertahankan fungsi hutan di Belitung berikut dengan sumber daya air tanahnya.

Ketika Anda mendaki dan melakukan perjalanan menuju puncak Objek Wisata Gunung Tajam, Anda akan menemui air terjun yang mengalir melewati bebatuan. Air terjun ini disebut dengan warga sekitar dengan nama air terjun Gurok Beraye. Air terjun Gurok Beraye berasal dari sumber mata air yang ada di puncak gunung Tajam. Karena berasal dari sumber mata air yang alami dan berada tidak jauh di puncak bukit, maka air terjun ini mempunyai air yang sangat jernih. Air terjun Gurok Beraye bergerak membelah batuan gunung Tajam sehingga membentuk dua jalur. Kedua jalur ini kemudian bertemu di sebuah kolam yang ada dibawahnya.

Selain itu, di kawasan Objek Wisata Gunung Tajam Tanjung Pandan ini terdapat sebuah makam seorang ulama asal Aceh yang datang ke Belitung untuk menyebarkan Islam di kampung tersebut yang ketika meninggal, jasadnya dikuburkan tidak jauh dari puncak gunung Tajam. Nama ulama tersebut adalah Syekh Abubakar Abdullah. Walaupun hanya sebatas cerita rakyat, namun keberadaan makam ini bisa menjadi daya tarik Wisata Gunung Tajam.

Secara keseluruhan, mengunjungi Gunung Tajam tidaklah sulit. Fasilitas jalan yang telah disediakan oleh pemerintah kabupaten Belitung juga memudahkan bagi para pengunjung untuk mencapai puncak gunung Tajam. Sehingga gunung ini juga cocok untuk aktifitas pendakian tanpa perlu membawa peralatan khusus yang berat. Sangat cocok untuk Anda yang suka kegiatan perkemahan dan camping sembari menikmati air terjun Gurok Beraye di Gunung Tajam.

Itulah sedikit informasi Panduan Wisata tentang Objek Wisata Gunung Tajam Tanjung Pandan Belitung pada kesempatan kali ini. Semoga wisata alam gunung ini bisa menjadi tujuan wisata Anda berikutnya. Selamat Berwisata.

Leave Yours +

No Comments

Leave a Reply

* Required Fields.
Your email will not be published.