Festival Raja Ampat, Event Tahunan Untuk Pecinta Travelling

Festival Raja Ampat, Event Tahunan Untuk Pecinta Travelling

Bagi para pecinta traveling, setiap bulan Oktober, Raja Ampat menggelar festival tahunan untuk mempromosikan daya tarik wisata salah satu kabupaten di Papua Barat tersebut. Bagi Anda yang belum punya rencana liburan lain, tidak ada salahnya untuk datang dan melihat dari dekat, apa saja pesona Raja Ampat di bidang pariwisata.

Festival Raja Ampat adalah acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Raja Ampat untuk memperlihatkan berbagai profil dan potensi ragam wisata dan sekaligus ajang kreativitas seni budaya tradisional khas Raja Ampat. Pada 2011 lalu gelaran ini diramaikan dengan festival tari-tarian, pameran seni kerajinan tangan tradisional, pameran masakan khas, panggung hiburan seni pertunjukan dan kreativitas, festival perahu adat, festival kembang api. Selain itu ada pameran wisata yang menampilkan profil operator wisata yang beroperasi di Raja Ampat, lomba fotografi bawah air dan lanskap. Semua pertunjukkan ini mempertontonkan kepada kita apa saja yang ada di Raja Ampat.

Hasil dari digelarnya festival tahunan ini salah satunya terlihat dari semakin populernya Raja Ampat sebagai destinasi unggulan wisata Indonesia bahkan dunia. Ya, pulau yang berlokasi di ujung barat Papua ini semakin dikenal wisatawan khususnya dari Eropa dan Amerika. Kekayaan bawah air dan panorama lautnya sangat memesona dan khas. Itu mengapa diver-diver kelas dunia menjadikan Raja Ampat sebagai spot menyelam favorit. Kawasan bahari Raja Ampat menjadi bagian dari segitiga terumbu karang (coral triangle) yang terdiri dari Indonesia, Filipina, Papua Nugini, Jepang serta Australia.

Melalui Festival Raja Ampat ini, potensi wisata lain juga turut diperkenalkan agar wisatawan tidak melulu mengenal Raja Ampat sebagai lokasi wisata bahari saja. Karena lanskap yang indah, potensi wisata yang akan dikembangkan adalah trekking ke pegunungan sekitar Raja Ampat untuk melihat keindahan laut dari puncak pegunungan. Selain itu wisatawan juga bisa menikmati bird watching cenderawasih merah khas Raja Ampat yang tanpa masuk ke hutan bisa kita lihat dengan mudah. Nah, festival ini juga melombakan foto bawah laut (underwater photography). Dengan kekayaan biota lautnya, Raja Ampat memang mempunyai titik-titik terindah yang bisa dieksplorasi melalui kegiatan foto under water.

Nah, untuk tahun ini Festival Raja Ampat rencananya akan digelar pada 18-21 Oktober mendatang. Mengunjungi Raja Ampat bertepatan dengan gelaran ini berarti kita tidak hanya disuguhi keindahan panoramanya saja namun juga seni budaya Papua yang unik. Destinasi-destinasi yang menjadi ikon pariwisata Raja Ampat adalah pulau Wayag, pulau Misool atau menyelam di Waigeo. Panduan Wisata.

Leave Yours +

No Comments

Leave a Reply

* Required Fields.
Your email will not be published.