Budaya Menarik Tana Toraja- Indonesia

tradisi budaya tana toraja
Sekelompok 80 orang, laki-laki dan perempuan, berdiri berpegangan tangan dan membentuk sebuah lingkaran besar di lapangan. Mereka bernyanyi berkabung lagu dalam tempo lambat sebagai ribuan penonton memandang. Perlahan-lahan, mereka bersandar ke kanan, kemudian ke kiri, kemudian tepat lagi, sementara kadang-kadang berdiri di berjingkat. Ini adalah lagu ritual, Ma’badong untuk menemani upacara pemakaman.

Budaya Toraja menganggap upacara pemakaman yang rapi sebagai peristiwa yang sangat penting dengan makna yang dalam. Di masa lalu,suku Toraja percaya bahwa upacara pemakaman – disebut Rambu Solo – harus dilakukan untuk menyenangkan para dewa sehingga mati akan diampuni dan diterima ke dalam surga. Saat ini, upacara pemakaman dilakukan untuk menghormati orang mati dan keluarga yang berduka.

Rambu Solo adalah usaha besar yang berlangsung selama seminggu penuh. Tidak heran itu menarik ribuan orang, baik untuk hadir dan membantu memastikan bahwa upacara pemakaman berjalan lancar. Ratusan, kadang ribuan, kerbau dan babi yang dikorbankan untuk Rambu Solo. Itu semua tergantung pada seberapa besar upacara pemakaman akan menjadi. Upacara-upacara yang lebih besar akan memerlukan lebih banyak ternak dikorbankan, meskipun kerbau tidak datang murah, biaya sepuluh juta rupiah (US$ 1.100) masing-masing. Ukuran dan ruang lingkup saja akan menjadi cukup alasan bagi wisatawan asing dan lokal tidak untuk mengamati Rambu Solo. Banyak wisatawan asing datang kesini untuk berlibur, ingin mengetahui tradisi budaya Tana Toraja di Indonesia.

Namun demikian, Rambu Solo adalah hanya salah satu sisi eksotis banyak Budaya Toraja. Sebagai bagian dari gelombang pertama manusia untuk menghuni Nusantara dan pendahulunya budaya Melayu proto, Tradisi Toraja dan cara hidup yang unik luar biasa. Sebagai contoh, Tana Toraja adalah salah satu dari sedikit tempat di Indonesia dimana orang-orang masih membangun suku rumah  Toraja menyebutnya sebagai tongkonan. Dan demikian panduan wisata dari kami, semoga bermanfaat bagi anda untuk mengetahui tradisi budaya Tana Toraja yang menarik.

Leave Yours +

No Comments

Leave a Reply

* Required Fields.
Your email will not be published.